Banner 468

Teknik berpromosi terbaik

-
Irwan

Sundulers Blog - Pernahkah anda berpromosi dalam hidup anda? saya yakin Ya, entah itu mempromosikan barang dagangan sendiri, jasa, atau hanya perantara saja, tapi tahukah dalam berpromosi itu membutuhkan teknik, berikut adalah kebanyakan teknik yang digunakan oleh promotor dalam berpromosi, pertanyaannya, manakah teknik promosi terbaik? mari kita ulas bersama.

Menggunakan Brosur
Teknik jenis ini sering digunakan oleh perusahaan kelas menengah, dengan menggunakan brosur tentunya cukup efektif dan hemat biaya, tapi dibalik semua itu tentu terdapat kekurangan diantaranya :
* Prosentase ketertarikan customers rata-rata kurang dari 10%.
* Membutuhkan tenaga dalam berpromosi.
* Menimbulkan banyak aspek negatif bagi sebagian orang.

Periklanan Online
Dalam media periklanan online atau melalui internet tentu banyak pilihan, mulai dari PTC, Adsense, menyewa space Iklan, hingga teknik SEO, yang dibutuhkan hanya sebuah keahlian dalam mengelola website/blog untuk dijadikan media pusat promosi serta dana untuk beriklan seperti yang penulis sebuatkan diatas (kecuali teknik SEO), teknik ini sangat cukup menghemat tenaga dalam berpromosi tapi justru sebaliknya harus memutar otak agar teknik promosi ini memiliki daya tarik yang tinggi.
Kelebihan utama :
* Prosentase ketertarikan customers relatif, bahkan bisa lebih dari 30%
* Hemat waktu dan tenaga
* Sasaran lebih terarah (Untuk yang menggunakan jasa Adsense semacam Google Adwords)
Kekurangan utama :
* Terlalu banyak tonggak promosi (Menyewa hosting dan domain, memperhatikan jangka waktu iklan habis tayang dsb.)

Media Cetak dan Elektronik
Media Cetak
Seperti majalah, buku, koran dsb. Teknik seperti ini mungkin teknik yang cukup baik untuk saat ini dimana dapat mencapai sasaran dalam jumblah banyak dan tentunya relevan melihat target utamanya adalah seorang pembaca.
Media Elektronik
Seperti Radio, Televisi, dsb. Terknik ini adalah teknik yang dapat menjaring konsumen sangat banyak apalagi yang memanfaatkan Televisi sebagai media utama berpromosi. Biasanya teknik jenis ini dilakukan oleh perusahaan kelas atas karena butuh investasi dalam jumblah besar.

Mulut ke Mulut
Teknik jenis ini adalah teknik yang sangat baik, semua kekurangan teknik promosi yang penulis sebutkan diatas tidak berlaku, kesimpulan bila anda tidak mempunyai keahlian khusus berpromosi, tidak memiliki dana cukup untuk memasang iklan dsb. lakukanlah teknik ini, jika efektif anda akan mendapatkan lebih dari teknik promosi yang disbutkan diatas.

Sebenarnya masih bayak teknik-teknik lainnya, demi mempermudah pemahaman penulis hanya menjelaskan empat teknik saja yang umum digunakan, satu tips dari penulis "Jika anda sudah menguasi teknik tersebut cobalah sesekali untuk memadukannya".

Irwan Prasetia,
Moderator Sundulers Forum

Leave a Reply


AYO KLIK DISINI UNTUK BERGABUNG DENGAN KAMI